Pastikan Anda Ter-PUAS-kan !

Ingin Rafting? Perhatikan 7 Hal Ini!


Saat ini olahraga pemicu adrenalin, seperti arung jeram atau rafting tengah marak di kalangan masyarakat. Agar rafting terasa aman dan menyenangkan, sebaiknya Anda memperhatikan 7 hal yang harus dilakukan sebelum memulainya.

Olahraga ekstrem yang memicu adrenalin sangat digemari masyarakat dan dipilih sebagai wisata berakhir pekan. Di samping menarik, wisata ini dianggap bisa melepas kepenatan setelah lima hari bekerja.

1. Cari tahu tentang sungai

Sebelum pergi ke lokasi rafting, cari tahu dulu informasi mengenai sungai yang akan Anda lalui. Informasi yang dicari bisa berupa deras arus, panjang sungai yang akan dilalui, jenis bebatuan dan zona-zona ekstrem. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui medan yang akan dihadapi.

2. Makanlah 2-3 jam sebelum rafting

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum rafting adalah mengisi perut. Rafting adalah olahraga yang akan menghabiskan banyak tenaga. Jadi, jika tidak ingin kehabisan tenaga, makanlah terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan makan tepat sebelum memulai rafting karena bisa menyebabkan Anda mual-mual bahkan muntah. Makanlah 2 atau 3 jam sebelum memulai.

3. Lakukan Pemanasan

Selama rafting, akan ada banyak hal terjadi. Anda bisa saja diharuskan lompat atau berenang tiba-tiba. Agar tidak terjadi cedera otot, lakukanlah pemanasan 10-15 menit sebelum memulai rafting. Ini penting untuk melenturkan otot.

4. Perhatikan fasil
itas yang ada

Selain pemanasan, Anda harus memerhatikan dengan benar kelengkapan yang digunakan. Contoh penglengkapan standar yang harus Anda kenakan adalah helm dan pelampung. Pastikan juga helm terpasang dengan baik. Jangan sampai terlepas ketika Anda mengarungi derasnya sungai.

5. Dengarkan instruksi dengan benar

Nah, ini dia yang paling penting, dengarkan instruksi pemandu sebelum berarung jeram. Perhatikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Jangan sampai Anda kebingungan ketika berada di tengah-tengah sungai yang berarus deras.

6. Jangan panik bila perahu terbalik

Kejadian yang paling sering terjadi ketika berarung jeram adalah perahu karet yang digunakan terbalik. Jika Anda mengalami ini, jangan keburu panik. Tenanglah karena pelampung yang dikenakan akan membuat Anda mengapung. Selain itu, sikap panik yang dikeluarkan malah bisa membuat Anda terbawa arus. Berbahaya bukan?

7. Gunakan pemandu yang terpercaya

Setiap kegiatan arung jeram biasanya menggunakan paket yang disediakan agen tertentu. Nah, pastikan agen yang digunakan adalah agen profesional dan telah Anda ketahui kualitas kerjanya. Jika ada warga lokal yang menawarkan paket arung jeram, sebaiknya Anda tetap menggunakan paket resmi atau agen yang telah dipercaya. Ini berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan selama kegiatan arung jeram berlangsung.

 

Sumber : Detik.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s