Pastikan Anda Ter-PUAS-kan !

Tips Arung Jeram (Rafting)


Arung jeram atau dalam bahasa lain dan lebih terkenalnya adalah rafting, memerlukan kekompakan dalam tim, karena arung jeram adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, tak mungkin sendirian, karena jika sendirian di sebut tukang pancing! Kegiatan alam yang cenderung menjadi wisata sungai ini memerlukan strategi untuk aman. Nah ada beberapa cara agar aman dalam ber arung jeram.

Kenali kemampuan diri anda. Jika kemampuan berenang anda minim, pilihlah lokasi kegiatan arung jeram yang tidak menuntut anda memiliki kemampuan berenang.

Gunakanlah selalu pelampung dan helm saat anda berada di atas air maupun saat beristirahat sejenak di pinggiran sungai.

Waspadalah terhadap segala bahaya yang ada di sungai atau tempat sekitar arung jeram, dan persiapkan diri menghadapi kemungkinan bahaya itu.

Mintalah pada skipper untuk menghentikan kegiatan jika terjadi hujan deras atau jika anda dalam pengarungan. Segera tepikan perahu, tunggu sampai hujan berhenti dan debit air kembali normal.

Gunakanlah sepatu olahraga atau sandal gunung selama mengikuti kegiatan arung jeram.

Pasanglah pengait jika anda memakai kacamata.

Jangan mengenakan pakaian dan bahan banyak menyerap air sehingga memberatkan anda, kenakanlah pakaian dari bahan lycra, neoprene atau parasut.

Ikatlah rambut anda dengan baik, jangan biarkan tergerai.

Pakailah sunblock untuk menghindari sunburn dengan SPF yang sesuai dengan kulit anda, oleskan secara merata dan jangan dioleskan pada dahi dan lipatan lutut.

TinggaIkan segala barang berharga anda seperti perhiasan. jam tangan, HP dan kunci kendaraan pada tempat yang aman.

Bawalah barang – barang yang diperlukan selama dalam pengarungan. Pastikan barang – barang itu terbungkus kantong plastik sebelum memasukkannya ke dalam dry bag, serta pastikan pula dry bag yang dibawa dalam kondisi yang baik dan terikat pada perahu selama pengarungan.

Pastikan diri anda tidak berada di bawah pengaruh alkohol dan obat – obatan sebelum memulai kegiatan. Jangan memaksaka diri mengikuti kegiatan jika anda masih dalam masa pengobatan atau perawatan.

Pastikan bahwa anda telah mengerti sepenuhnya tentang cara, teknik dan instilah yang diberikan saat safety talk sebelum anda memulai kegiatan. Jika merasa ragu dan belum memahami, jangan malu meminta trip leader atau skipper untuk menjelaskan kembali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s