Pastikan Anda Ter-PUAS-kan !

Sepuluh Tips Olah Raga Lari


Olahraga lari memiliki segudang tips yang perlu Anda perhatikan, karena berlari dengan teknik yang benar dapat menghindarkan Anda dari rasa cepat lelah, kram kaki, dan masalah lain yang sering terjadi saat Anda berlari.
Berikut tips jitu berlari langsung dari para ahli:

Memburu waktu

“Kesalahan terbesar yang seringkali dilakukan oleh para pelari baru yaitu mereka lebih suka memikirkan bagaimana cara menaklukkan jarak- 1 mil, 2 mil, 3 mil. Seharusnya, para atlet baru dalam olahraga ini berpikir cara menaklukkan waktu bukan jarak,” Budd Coates, empat kali menjadi pelatih U.S. Olympic Marathon Trials.

Kenakan sepatu berkualitas

“Jangan ragu menghabiskan $ 60 untuk sepatu yang berkualitas. Sepasang sepatu yang berkualitas dapat menjadi teman setia Anda hingga jarak 400-500 mil dan merupakan benda paling ‘rewel’ dalam hal ini.” John Hanc, penulis The Essential Runner.

Perhatikan tanda

“Jika Anda merasa lapar, maka makanlah. Biarkan tubuh Anda mengatakan apa saja yang dia inginkan.” Joan Samuelson, juara Olympic Marathon 1984.

Santai

“Saat Anda berlari, biarkan mulut Anda terbuka, jangan merapatkan bahu Anda ke telinga, dan biarkan tangan dan lengan Anda tetap rileks.” Dave Martin, Ph.D., exercise physiologist.

Jangan pecahkan telurnya

“Ketika berlari, hindari mengepalkan tangan Anda. Sebaiknya, Anda berlari dengan tangan seolah-olah Anda sedang memegang dan menjaga sebutir telur pada masing-masing telapak tangan.” editor Runner’s World.

Saatnya ‘quickie’

“Walaupun saya hanya memiliki waktu 15 menit, saya akan tetap berlari. Bagi saya, berlari 15 menit lebih baik daripada tidak berlari sama sekali.” Dr. Duncan Macdonald, dahulu pemilik U.S. record.

Lakukan pemanasan sebelum ‘stretching’

“Cobalah lari-lari kecil sebelum Anda melakukan ‘stretching’, atau lakukan ‘stretching’ setelah Anda usai berlari. ‘Stretching’ saat otot Anda ‘dingin’ tidak menjamin keuntungan apapun, bahkan berbahaya.” editor Runner’s World.

Jaga cairan tubuh

“Hydrate. Hydrate. Hydrate. Baik pada saat cuaca panas ataupun dingin. Kami selalu menggunakan air untuk berkeringat, melumasi sendi, tendon dan ligamen, dan untuk mengalirkan darah menuju organ-organ penting. Saya bekerja sepanjang hari dengan tetap menjaga cairan dalam tubuh.” Dr. Alex Ratelle. atlet lari jaman dahulu.

Rutin berlatih

“Konsisten berlatih sedikit demi sedikit namun rutin justru lebih baik daripada berlatih sekali sangat menguras tenaga akan tetapi tidak dilakukan lagi pada hari berikutnya.” John Campbell. bintang lapangan dari New Zealand

Dengarkan tubuh Anda

“Tubuh selalu menjadi pengingat bagi Anda. Jangan paksa diri Anda untuk terus berlari jika Anda merasa lelah, tidak bersemangat atau bahkan menjadikan apa yang Anda lakukan suatu beban bukan kesenangan.” Dr. George Sheehan.

Yap, kiranya hal-hal semacam itulah yang Anda butuhkan agar Anda tidak lagi meremehkan olahraga ini.

Sumber : Today.com

Iklan

One response

  1. purwatiwidiastuti

    good info

    purwati
    http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com

    Februari 28, 2011 pukul 8:31 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s