Pastikan Anda Ter-PUAS-kan !

TEKNIK MENDAYUNG DALAM ARUNG JERAM


Mendayung merupakan hal yang mendasar yang harus bisa kita lakukan. karena dalam pengarungan bila kita dapat mendayung dengan baik dan benar maka laju dan arah perahu akan dapat terkendali dengan baik. berikut adalah teknik dasar dalam mendayung.

  • Dayung Maju (Forward Stroke)
    Berfungsi untuk menggerakkan perahu ke depan. Caranya : dimulai dengan mendorong bilah dayung ke muka dengan tangan sebelah luar, kemudian masukkan dayung alam ke dalam air, dilanjutkan dengan mempertahankan bilah dayung pada sudut yang benar hingga mendekat ke perahu dan berhenti setelah sejajar dengan tubuh, keluarkan bilah dayung kemudian putar sejajar dengan permukaaan air, ulangi kembali ke posisi semula.Dayung mundur (Backward Stroke) kegunaannya untuk menurunkan kecepatan perahu atau menggerakkan perahu ke belakang. Caranya : merupakan kebalikan dari dayung maju. Celupkan bilah dayung ke dalam air hingga jauh ke belakang tubuh kemudian dorong ke depan sambil menarik pegangan dan gerakan ini berakhir ketika dayung berada pada posisi awal dayung maju.
  • Dayung Tarik (Draw Stroke)
    Dayung tarik sering dipakai oleh pemandu arung jeram untuk menghindari tabrakan antara bagian belakang perahu dengan batu atau rintangan dengan menggeser perahu mendekati posisi yang diinginkan. Caranya menancapkan dayung jauh ke samping dan menariknya ke arah perahu.
  • Dayung Tolak (Pry Stroke)
    Gunanya untuk membantu melengkapi dayung tarik untuk mengendalikan perahu ke posisi yang diinginkan. Caranya : kebalikan dari dayung tarik, yaitu memasukkan dayung ke dalam air dari dekat perahu dan menolaknya jauh ke samping perahu.
  • Dayung Pancung (Cross-Brow Draw)
    Dayungan yang biasa digunakan oleh para pendayung depan apabila ingin menggeser perahu ke samping. Caranya : pendayung depan melakukan dayung tarik dari sisi depan perahu memotong moncong perahu.
  • ”C” Stroke
    Gunanya untuk membelokkan perahu dengan cepat. Caranya dayung digerakkan membentuk huruf ”C” baik dari depan ke belakang maupun dari belakang ke depan dan diikuti dengan gerakan badan. Dayungan ini sangat penting untuk dikuasai oleh pemandu arung jeram karena dayungan ini sangat efektif untuk membelokkan perahu.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s